6 Cara Dapat Modal Usaha Agar Bisnis Cepat Berkembang

Cara dapat modal usaha ada banyak strategi yang bisa kamu pilih. Agar tidak bingung dan bisa menentukan cara mendapat modal bisnis dengan cepat dan tepat, ada baiknya kamu cek cara-cara berikut ini!




Bagaimana cara mendapat modal usaha dengan cepat? 

Modal usaha atau modal bisnis ada banyak parameter dan kriterianya. Sebelum mencari investor atau mencari pemodal, sebaiknya kamu sebagai pebisnis atau pegiat wirausaha harus paham betul dulu tentang bisnis yang akan kamu kembangkan jika nantinya berhasil mendapat investor.

BACA JUGA:


Untuk mendapat kepercayaan investor pun kamu harus siap dengan segala jawaban dari pertanyaan yang diajukan investor. Wajar, sebab mereka tidak ingin membeli kucing dalam karung, mereka tidak ingin uang mereka di-investasikan di bisnis yang tidak jelas. 

Maka dari itu, perlu ditekankan lagi, penting untuk mengetahui model bisnis atau usaha yang akan kamu rintis sebelum mencari modal usaha.

Modal usaha 

Memulai untuk membangun sebuah bisnis setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda. Bahkan kendala yang harus mereka hadapi juga berbeda-beda, salah satunya yakni pada modal usaha. 

Tidak dapat dipungkiri ketika kita telah merencanakan sebuah usaha dengan baik lalu melihat potensi marketing yang sangat baik namun kita dihadapkan pada permasalahan kekurangan bahkan tidak ada modal untuk memulai sebuah usaha, biar kalian tidak semakin bingung berikut cara dapat modal usaha.

BACA JUGA:


Rupanya untuk bisa mendapatkan modal usaha ada beberapa cara, mulai dari tabungan pribadi atau bahkan sampai meminjam kepada bank. Tentu hal ini sah-sah saja untuk dilakukan namun semua keputusan pasti memiliki konsekuensi tentang kekurangan dan kelebihannya. 

Cara dapat modal usaha

Kira-kira apa saja ya cara dapat modal usaha? Berikut beberapa apa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah.

1. Tabungan Pribadi

Bagi kamu yang kini telah memiliki pekerjaan namun juga memiliki rencana untuk menambah pundi-pundi penghasilan, kamu bisa membuka atau memulai sebuah usaha. 

Kamu bisa mendapatkan modal usaha dari tabungan pribadi yang kalian sisihkan atau kalian tabung pada setiap bulan, mingguan ataupun harian. 

Dengan menggunakan tabungan pribadi tentu kalian lebih tenang untuk menggunakan modal usaha tersebut karena tidak memiliki kontrak dan perjanjian-perjanjian yang harus dilakukan. 

Kendati demikian jika kalian menggunakan tabungan pribadi kalian harus tetap bisa memanage penghasilan agar bisa mengembalikan modal usaha tersebut.


2. Meminjam kerabat

Cara selanjutnya yakni dengan memanfaatkan orang-orang terdekat kalian untuk dijadikan sebagai pemberi modal usaha kalian seperti sahabat, orang tua atau kakak. 

Meskipun cara ini terbilang cukup mudah serta memiliki perjanjian yang terbilang sederhana namun kalian harus tetap hati-hati serta tetap bisa menjaga konsekuensi dan komitmen agar hubungan kekerabatan kalian tetap terjaga dengan baik. 

Jangan lupa kalian menerangkan bisnis yang akan kalian lakukan dan bagaimana cara mengembalikan modal usaha yang telah mereka pinjamkan kepada kalian. Ingat, mereka investor kalian!

3. Menjual aset

Selanjutnya kalian bisa menggunakan beberapa barang berharga yang kalian miliki saat ini untuk dijual dan dijadikan sebagai modal usaha. 

Seperti halnya emas, sepeda motor atau mobil, meskipun cara ini terbilang cukup susah untuk diputuskan namun jika kalian melakukan dengan sungguh-sungguh dan bisa memanage bagaimana cara mengembalikan modal usaha tersebut, mungkin cara ini terbilang cukup baik dan ampuh. 

Jangan lupa jika kalian mengembalikan modal usaha bisa untuk membeli barang tersebut kembali atau bahkan lebih bagus dari sebelumnya.


4. Kolaborasi

Membangun sebuah usaha, kalian bisa melakukannya dengan beberapa kerabat dekat kalian untuk saling berbagi pemikiran bahkan memungkinkan kalian untuk bisa mencari modal usaha secara bersama. 

Cara ini mungkin terbilang cukup bagus karena kalian memiliki partner untuk saling sharing tentang rencana bisnis, target marketing, berapa besar kemungkinannya laba yang akan didapatkan dari usaha tersebut. 

Tak kalah penting kalian juga harus memperbincangkan tentang pengembalian modal bersama tersebut. 

Cara mengembalikan modal tersebut mungkin di awal fokus untuk mengembalikan kepada pihak A dan ketika modal usaha milik A kembali semua baru fokus pengembalian kepada pihak B.

5. Meminjam Bank

Jika cara-cara di atas sudah tidak bisa kalian tempuh mungkin kalian bisa mencari modal usaha dari bank. 

Namun ketika kalian ingin meminjam modal kepada bank kalian harus kritis mencari tahu tentang mekanisme pengembalian modal serta bunga yang harus kalian keluarkan. 

Kalian harus bisa mempertimbangkan antara kemungkinan laba yang akan kalian dapatkan dan jangka waktu pengembalian modal kepada bank apakah sesuai dengan jenis bisnis usaha kalian. 

Biasanya ketika kalian meminjam modal usaha kepada Bank kalian melakukan pengembalian modal secara berkala setiap bulan dan dikenai bunga.


6. Konsumen

Mungkin cara ini terbilang cukup aneh namun rupanya hal ini sudah sering dilakukan oleh beberapa pelaku usaha.

Caranya dengan melakukan sistem pre-order atau membayar dahulu lalu barang akan diproses. Cara-cara yang bisa ditempuh untuk melakukan pre-order ini juga beragam tergantung kontrak antara penjual dan pembeli. 

Kebanyakan para pelaku usaha meminta kepada konsumen untuk membayar 50% dari harga barang yang ditawarkan untuk dilakukan pemrosesan. Rupanya cara ini terbilang cukup ampuh loh!

Nah, itulah beberapa cara dapat modal usaha yang bisa kalian tempuh agar bisnis kalian bisa berjalan dengan lancar. Kira-kira cara mana yang paling sesuai dengan keadaan kalian saat ini? Semoga sukses dan tetap semangat!

Sumber foto: TemanKerja.id