Gaji Digital Marketing Berapa? Ini Bocoran Gaji Fresh Graduate sampai Manajer

Gaji Digital Marketing berapa? Berikut penjelasan gaji digital marketing fresh graduate, gaji digital marketing berpengalaman sampai gaji manajer digital marketing!




Digital marketing untuk era seperti ini telah menjadi salah satu media untuk melakukan pemasaran yang bisa dikatakan sebagai salah satu teknik pemasaran yang sangat ampuh. 

Digital Marketing adalah strategi pemasaran yang ampuh, baik dari segi biaya maupun keefektifan, karena target konsumen dari digital marketing ini bisa menjangkau lebih luas biasa, regional, nasional maupun internasional. 

BACA JUGA: 


Tentu hal ini membuat orang berlomba-lomba untuk bisa memanfaatkan digital marketing secara maksimal.

Secara otomatis ketika kita bisa mendapatkan konsumen yang banyak semua orang yang terkait dalam digital marketing tersebut akan mendapatkan pundi-pundi penghasilan yang cukup fantastis. 

Seseorang yang melakukan digital marketing biasa disebut dengan digital marketer tentu harus memiliki kreativitas yang tinggi, perencanaan, operasional dan evaluasi agar tepat sasaran.

Tentu kalian penasaran kan berapa gaji digital marketer ini? Yuk kita simak!

Gaji Digital Marketing

Rupanya untuk gaji para digital marketing atau digital marketer ini berbeda-beda, banyak hal yang mempengaruhi, antara lain:

1. Daerah
Daerah menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk mempengaruhi besar dan kecilnya gaji yang diterima oleh digital marketer, karena setiap daerah memiliki tingkat UMR yang berbeda-beda atau Upah Minimum setiap Kota maupun Provinsi.

2. Perusahaan
Berbeda dengan UMR untuk setiap perusahaan untuk memiliki karakteristik dan bidang bisnis mereka masing-masing yang bisa mempengaruhi penghasilan dari digital marketer tersebut. Seperti halnya perusahaan elektronik maupun perusahaan makanan.


3. Skill
Dari kedua hal di atas tentu ada hal lain yang mempengaruhi penghasilan digital marketer yakni dari segi skill atau kemampuan, inilah rinciannya:

- Fresh graduate
Fresh graduate bisa dikatakan sebagai pekerja yang belum memiliki pengalaman sama sekali biasanya memiliki penghitungan 1 sampai 1,5 X UMR.

- Pengalaman 2-3 tahun
Sedangkan untuk yang memiliki pengalaman di bidang dunia marketer sekitar 2 sampai 3 tahun biasanya memiliki perhitungan 2 sampa 2,5 x UMR.

- Supervisor digital marketer
Biasanya seorang supervisor digitalmarketer memiliki jam kerja kurang lebih 5 tahun memiliki perhitungan 3,5 x UMR.

- Manajer digital marketer
Manajer digital marketer bisa dikatakan sebagai posisi tertinggi dalam dunia digital marketer karena bisa mendapatkan penghasilan dengan perhitungan 5 x UMR.


Contoh Cara Menghitung Gaji Digital Marketing

Sebagai contoh kalian bekerja di daerah Jakarta di tahun 2021, Upah Minimum atau UMR Jakarta adalah Rp. 4.416.186 sebagai berikut:

1. Fresh graduate
Rumus pendapatan maksimal =
1,5 x UMR Jakarta
1,5 x 4.416.186 = 6.624.279

2. Pengalaman 2 sampai 3 tahun
Rumus pendapatan maksimal =
2,5 x UMR Jakarta
2,5 x 4.416.186 = 11.040.465

3. Supervisor
Rumus pendapatan maksimal
3,5 x UMR Jakarta
3,5 x 4.416.186 = 15.456.651

4. Manajer
Rumus pendapatan maksimal
5 x UMR Jakarta
5 x 4.416.186 = 22.080.930.

Dari perhitungan diatas bisa dikira-kira bahwa gaji digital marketing berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 22.000.000 di Jakarta.

Sumber foto: TemanKerja.id