Digital Marketing Arti dan Contoh Digital Marketing yang Sukses

Digital marketing, kata-kata yang semakin populer akhir-akhir ini, sebenarnya apa itu digital marketing atau dengan kata lain digital marketing artinya apa? 




Digital Marketing Adalah

Semakin pesatnya perkembangan zaman membuat orang dengan mudah untuk bisa mendapatkan akses internet dimanapun dan kapanpun mereka berada. 

Bahkan di era zaman seperti ini untuk beberapa orang menganggap internet sudah menjadi bagian kebutuhan primer atau utama, dari hal inilah banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk atau jasa melalui internet ataupun media digital SMS.

BACA JUGA:


Melansir dari Mailchimp, Digital Marketing adalah pemasaran digital yang di dalamnya meliputi usaha mempromosikan merek atau brand dengan memanfaatkan media digital (internet, jaringan telepon). Media digital tersebut dipilih karena dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan dinilai relevan. 

Sebenarnya tanpa kita sadari kita kerap menjadi konsumen dari digital marketing atau pemasaran digital dari suatu perusahaan melalui telepon yang saat ini kita genggam. Apalagi untuk handphone yang telah memiliki akses internet pasti lebih mudah untuk menjadi sasaran konsumen suatu pemasaran.

Contoh dan penjelasan arti digital marketing:

1. Email

Email menjadi salah satu pesan elektronik dan hampir semua pengguna handphone yang memiliki akses internet pasti memiliki email, email merupakan salah satu jenis media sosial yang bersifat lebih privat atau pribadi. Untuk saat ini banyak beberapa aplikasi atau bahkan website yang meminta untuk ditautkan dengan email agar pengguna email tersebut bisa mendapatkan beragam notifikasi tentang diskon produk, produk baru atau bahkan aksi penggalangan dana.

2. SMS

SMS menjadi salah satu digital marketing yang tidak membutuhkan akses internet tetapi memiliki jangkauan yang lebih luas. Contoh digital marketing yang kerap kita jumpai adalah beberapa promo baru seperti paket telepon atau paket internet dari provider yang sedang kita gunakan saat ini. Contoh lainnya yakni himbauan dari lembaga-lembaga kesehatan memgirimkan pesan singkat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan semasa masa pandemi.

BACA JUGA:


3. Website (iklan banner)

Kali ini untuk website menjadi salah satu cara untuk melakukan pemasaran digital dengan cara yang cukup ampuh. Seperti halnya ketika kita searching atau Googling melalui Mozilla Firefox ataupun Chrome untuk menelusuri sesuatu seperti artikel, barang, jasa maupun berita kita kerap menjumpai iklan yang berada di dalam artikel atau berita tersebut, bisa berbentuk tulisan, gambar, rekomendasi aplikasi maupun video.

4. Aplikasi

Bahkan kini digital marketing juga sudah memasuki beberapa aplikasi yang kita gunakan, seperti halnya kita memiliki aplikasi pembersih sampah di ponsel ketika kita operasikan dan membuka aplikasi tersebut muncul beberapa iklan seperti iklan perbankan, produk kecantikan, perabotan rumah atau bahkan untuk merekomendasikan menginstal aplikasi lainnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan, arti dan contoh digital marketing yang sukses ya. Apakah kini kalian menyadari bahwa kalian kerap menjadi konsumen dari digital marketing itu sendiri, atau bahkan kalian menjadi pelaku digital marketing?

BACA JUGA:


Sumber foto: TemanKerja.id