Cara Menghitung Rasio Dosen dan Mahasiswa

Bagaimana Cara Menghitung Rasio Dosen dan Mahasiswa? Simak di sini caranya.




Dalam bangku perguruan tinggi, para mahasiswa akan banyak bertemu dengan tenaga-tenaga pengajar yang disebut sebagai dosen. Peran dosen sangatlah penting, selain sebagai orangtua mahasiswa ketika di kampus, dosen juga bertanggungjawab atas segala aspek akademik dari mahasiswa, seperti nlai, kehadiran, hingga kelancaran mengerjakan tugas akhir. 

Pada umumnya, seorang dosen mengajar di berbagai kelas dalam sebuah jurusan, atau kadang juga lintas jurusan apabila dibutuhkan. Namun, apabila dosen terlalu banyak mengajar di sebuah kelas pun juga tidak baik, lantaran akan mengurangi efektifitas belajar mengajar serta penyampaian ilmunya juga mungkin saja akan terganggu. 

Selain itu, pembatasan pengajaran yang dilakukan dosen terhadap para mahasiswanya juga bisa untuk menjaga mutu pendidikan serta kualitas dari sang dosen itu sendiri. Kegiatan pemantauan terhadap mahasiswapun akan menjadi lebih mudah, seperti memantau apakah seorang mahasiswa lancar dalam kegiatan perkuliahan, atau kegiatan lain yang menentukan prestasi.

Pemerintah sendiri mulai memperhatikan dan menentukan rasio dosen dan mahasiswa yang lebih ideal setelah ditemukan adanya perguruan tinggi yang dosennya mengajar lebih dari 500 mahasiswa. Tentunya, hal tersebut akan berpengaruh bagi kualitas pengajaran dosen itu sendiri dan juga bagi ilmu yang diserap oleh para mahasiswa. 

Melalui Undang-undang Pendidikan Tinggi nomor 12/2012 serta Peraturan Pemerintah nomor 4/2014. Pemerintah telah mengatur bahwa jumlah rasio ideal antara dosen dan mahasiswa adalah 1:20 untuk jurusan ilmu eksakta atau saintek, sedangkan untuk rumpun jurusan ilmu sosial adalah sekitar 1:30. Jumlah tersebut dinilai sebagai angka yang proporsional untuk kegiatan perkuliahan. 

Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tersebut sudah bisa menjadi acuan pemerintah untuk menjaga mutu pendidikan agar tetap sehat dan terjaga. Namun, apabila ditemukan adanya pelanggaran dari jumlah rasio ideal yang sudah ditetapkan, maka bukan tidak mungkin apabila sebuah instansi perguruan tinggi akan mendapatkan sanksi tegas seperti penonaktifan perguruan tinggi atau pencoretan akreditasi dari BAN-PT selaku pemberi akreditasi perguruan-perguruan tinggi.

Itulah tadi informasi mengenai rasio ideal antara dosen dan mahasiswa. Untuk informasi selanjutnya, simak selengkapnya ya.