Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Berkembang pesatnya internet di berbagai sektor rupanya juga mempengaruhi siklus perekonomian di seluruh dunia. Berbagai tawaran produk serta untuk melakukan riset dan evaluasi bisa dengan mudah dilakukan dengan media internet melalui Digital Marketing ini. Mungkin beberapa dari kalian ingin memulai belajar Digital marketing namun bingung harus memulai dari mana, berikut cara belajar Digital marketing untuk pemula.




Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital (internet, jaringan telepon) yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. 

Tentu jika kita ingin memasuki dunia digital marketing atau pasar digital banyak hal-hal yang harus dipelajari agar target atau konsumen yang akan kita tuju bisa tersampaikan secara maksimal dan mendapatkan banyak respon.

BACA JUGA:


Berikut beberapa langkah untuk belajar Digital marketing untuk pemula, berikut ulasannya.

1. Tentukan buyer personal (target pembeli)

Untuk menganalisis target pembeli juga harus melalui reset berbagai hal.

2. Identifikasi kebutuhan target pasar

Dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) melalui Twitter, Instagram maupun Facebook untuk mengetahui tingkat kepeminatan, kekurangn dari produk yang bakal di tawarkan.

3. Susunan marketing plan (rencana pemasaran)

Marketing plan atau rencana pemasaran dibuat agar produk yang bakal kita pasarkan atau tawarkan bisa mengalami progresif. Rencana yang dilakukan bisa dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan menerapkan promo atau diskon, membuat pertunjukan setiap malam minggu dan menganalisa tentang kunjungan konsumen atau pembeli.

4. Memanfaatkan berbagai media digital marketing (WhatsApp Bisnis, Google Bisnisku, website, Instagram, TikTok, Facebook, Landing Page, SEO, SEM, Blog, Video marketing, dan affiliate marketing dan lain sebagainya)

Tentu untuk setiap media sosial dan digital marketing yang digunakan memiliki karakteristik masing-masing ya.

5. Gunakan tata cara penulisan copywriting yang menarik dan kreatif

Tidak kalah pentingnya dalam hal penulisan copywriting yang menarik dan kreatif agar bisa mencuri perhatian konsumen dan minat untuk membeli. Penulisan copywriting diusahakan tidak terlalu bertele-tele dan langsung bisa menggambarkan tujuan pemasaran.


6. Gunakan marketing tools untuk bisnis

Seperti halnya untuk saat ini seperti di WhatsApp bisnis tersedia fitur untuk bisa membalas secara otomatis untuk setiap pesan baru yang masuk. Bahkan upaya untuk membantu kinerja SEO juga telah tersedia.

7. Lakukan evaluasi secara berkala.

Agar rencana marketing tepat sasaran tentu harus secara berkala melakukan evaluasi dan melihat seberapa besar traffic-nya, impresi, conversion rate dan metrik metrik lainnya.

Rupanya dibalik digital marketing ini juga memberikan berbagai macam manfaat baik dari segi budget dan waktu bisa dibilang sangat efektif dan efisien, berikut manfaat Digital marketing:

1. Fleksibel

Fleksibel dalam digital marketing yang dimaksud adalah bisa digunakan untuk mempromosikan semua jenis bisnis, baik bisnis jasa maupun produk. Bahkan banyak yang menyediakan digital marketing dari yang berbayar hingga yang gratis.

2. Jangkauan luas

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet kini telah menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk sebagian besar masyarakat ini juga meningkatkan potensi setiap pelaku digital marketing bisa mendapatkan konsumen lebih banyak daripada marketing konvensional.


3. Lebih terukur

Bahkan kita lebih mudah untuk bisa memantau tingkat progresif dari setiap promosi iklan yang dilakukan.

4. Konsumen atau audience spesifik

Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap produk atau jasa pasti memiliki target pemasaran mereka masing-masing seperti halnya usia maupun gender, dalam hal ini dengan menggunakan diketahui marketing akan dimudahkan untuk bisa mendapatkan konsumen atau ardians yang lebih spesifik sesuai dengan target pemasaran.

Nah, itulah beberapa deretan cara belajar digital marketing untuk pemula. Apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Sumber foto: TemanKerja.id