Tak Terima Temannya Ditegur di Bioskop, Wanita Beri Klarifikasi Malah Dihujat Playing Victim

Insiden penonton bioskop ditegur gara-gara dinilai bertingkah tak sopan tengah viral di TikTok. Bersamaan dengan itu muncul klarifikasi.




Ramai di Twitter dan TikTok, video seorang wanita tak terima temannya disentil oleh penonton lain saat di bioskop.

"Dimarahin sama stranger di bioskop," tulisnya di awal video seperti dikutip dari video TikTok @shutdiemdiemaja.

Wanita itu bercerita, temannya ditegur karena berisik dan kakinya menendang kursi penonton lain.

"Gue akuin sama teman gue suka ngobrol. Mungkin bagi orang lain suara kita kayak toa jadi kendengaran ada yang (negur) 'Shut..' gitu kan," ucapnya.

Setelah ditegur karena ramai, wanita itu mengaku langsung merespons. Tetapi, ia mempermasalahkan cara penonton memberikan teguran kepada temannya.

Baginya, perkataan orang tersebut terkesan emosional dan kurang sopan. Padahal, di antara mereka tak saling mengenal satu sama lain.

"Plis jangan pernah menasihati stranger yang membuat kalian gak nyaman dan kesal dengan cara marah-marah dan emosi," kata dia.

"Karena lo gak kenal dia siapa, lo gak tau apa yang dia laluin hari itu, apa yang dia rasain setelah ini," sambungnya.

Mestinya, kata wanita tersebut, sebagai stranger alias orang asing tak berbuat seperti itu karena bisa berdampak buruk bagi orang yang ditegur.

"Lo tau apa yang bedain manusia sama hewan. Kita punya pikiran, kita punya hati, jadi kita bisa mikir-mikir dulu sebelum marah-marah, nasihatin dia dengan cara marah-marah, emosi," bebernya.

"Lo harusnya mikir ini orang gimana ya nanti tanggapannya, dia bakal sedih, bakal nangis, trauma, bersalah banget. Lo gak bakal tahu karena dia stranger, lo gak kenal sama dia," ucapnya.

Wanita tadi kembali mengungkap pendapatnya. Dia bilang, manusia tak bisa melabeli seseorang memiliki sifat buruk karena kesalahan kecil yang diperbuat.

Dia berkaca dari kejadian yang menimpa temannya yang kena tegur. Karena merasa lebih paham dengan karakter temannya itu, ia memberikan pembelaan.

"Teman gue yang gue kenal selama empat tahun, itu bukan orang yang nakal, sembrono, seenaknya, semena-mena, dia bukan orang seperti itu,"

"Dan dia tiba-tiba dipermalukan di depan publik, cuma gara-gara kesalahan kecil yang dia nggak ngrasa juga," tukasnya. 

Di akhir video, ia pun kembali menyinggung soal cara menegur dengan baik.

"Jadi kalau kita punya hati, please be kind, ngomong baik-baik nasihatin baik-baik, bukan dengan cara emosi seolah-olah lu paling bener dan sempurna," tandasnya.


Sejumlah warganet kontan saja memberikan tangapan usai video tersebut muncul di TikTok.

Bukannya mendukung pendpat wanita tersebut, sebagian justru memberikan komentar sinis.

"Yaahh logikanya kalo mba atau temennya ikutin rules yangg ada di bioskop ga bakal ada yang negur, kerna itu public area jadi hrus respect each other...," tulis Mustika Rahma.

"This girl trying to be wise, but zero," sahut K.

"Lah dia yang salah, dia yang playing victim," kata chuks.

"Kalau mau ngobrol sepuasnya, nyewa satu studio aja berdua," timpal Sulis Tnh.

Sumber foto: Tiktok