8 Cara Dapat Investor untuk Memulai Bisnis dan Mengembangkan Usaha

Memiliki ide kreatif dan kisah kritis untuk melihat potensi yang ada di sekitar kalian merupakan modal utama untuk membangun sebuah bisnis usaha atau biasa disebut dengan usaha startup. Namun ketika usaha kalian telah dirangkai sedemikian rupa, serta mengetahui target konsumen beserta mekanisme laba yang akan kalian dapatkan sayangnya kalian tidak bisa merealisasikan usaha tersebut karena kekurangan modal. Berikut cara dapat investor bagi pemula, berikut cara-caranya!




Rupanya jika kalian ingin mendapatkan investor ada beberapa hal-hal yang harus kalian lakukan secara sungguh-sungguh agar investor bisa mempercayakan modal usahanya untuk diserahkan kepada kalian. Apalagi jika modal usaha yang kalian butuhkan modal dengan jumlah yang fantastis.

BACA JUGA:


Kalian penasaran kan apa saja caranya, berikut cara dapat investor bagi para pemula.

1. Mengajukan Proposal

Pembuatan proposal menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk memulai mencari investor, karena proposal akan mencerminkan dan mendeskripsikan usaha yang akan kalian lakukan. Usahakan dalam pembuatan proposal harus menarik dan detail namun tidak bertele-tele. 
Di dalam proposal tersebut kalian jangan lupa untuk memasukkan visi misi perusahaan, serta rencana usaha yang akan kalian lakukan dalam jangka waktu yang panjang.
Proposal juga bisa disebut sebagai jembatan antara pemilik usaha dan investor.

2. Presentasi

Ketika proposal telah dibuat sebaik mungkin dan semaksimal mungkin rupanya dalam hal penyampaian atau presentasi juga harus bisa disampaikan oleh orang-orang yang memiliki public speaking yang baik. Hal ini dilakukan agar investor benar-benar percaya dan yakin untuk menanamkan modalnya kepada usaha kalian. 

Kalian juga harus bisa membuat PowerPoint dengan layout yang menarik namun sederhana serta mudah untuk dibaca. Di dalam PowerPoint tersebut kalian juga harus mencantumkan semua visi misi, rencana usaha serta prospek perusahaan kalian.


3. Resiko Usaha

Setiap usaha yang akan kalian lakukan pasti memiliki celah negatifnya yang mungkin bisa menjadi penghambat usaha yang akan kalian lakukan.
Rupanya dengan kalian menerangkan resiko usaha yang akan kalian hadapi harapannya pelaku calon investor bisa memberikan masukan kepada rencana usaha yang akan kalian lakukan. Kalian perlu hati-hati ketika kalian tidak menyampaikan resiko usaha kalian justru hal ini akan mengurangi respek dari calon investor kalian loh.

4. Strategi Usaha

Usaha-usaha yang akan kalian lakukan telah memiliki strategi usaha yang kuat dengan segala pertimbangan dan kendala yang mungkin akan kalian hadapi. Bahkan jika kalian memiliki strategi usaha yang sangat matang hal ini bisa meningkatkan rasa kepercayaan calon investor.

5. Mengikuti Pameran dan Kompetisi

Rupanya dengan kalian kerap mengikuti pameran atau kompetisi untuk menunjukkan usaha yang akan kalian tempuh hal ini bisa mendatangkan calon investor secara instan. Apalagi jika konsep bisnis yang kalian perlihatkan semakin menarik dan matang bahkan calon investor tidak segan-segan untuk menanamkan modalnya kepada usaha kalian.


6. Kepercayaan Perusahaan

Sulitnya untuk mendapatkan investor rupanya dilatarbelakangi karena banyaknya pelaku calon usaha yang kerap melakukan penipuan. Rupanya kalian bisa memberikan kepercayaan kepada calon investor dengan menunjukkan izin usaha, lokasi usaha dan contoh produk yang akan kalian jual.

7. Daftar Investor

Tidak semua investor dengan mudah mau menanamkan modalnya kepada usaha kalian, apa yang bisa kalian lakukan yakni dengan membuat daftar calon investor yang berpotensi untuk mau menanamkan modalnya. Ternyata investor yang baik tidak hanya memberikan modalnya namun mampu memberikan ide-ide kreatif.

8. Laporan Keuangan

Dengan membuat laporan keuangan secara sederhana dan jelas serta rinci para calon investor bisa semakin yakin untuk menanamkan modalnya agar menghasilkan profit yang baik. Di dalam laporan keuangan tersebut kalian perlu mencantumkan rekonsiliasi bank, penghitungan pajak, payroll dan penghitungan aset.

Kendati demikian keputusan setiap investor untuk menanamkan modalnya kepada usaha kalian tetap berada di tangan para investor dan ternyata investor juga memiliki kriteria yang berbeda-beda tentunya, namun dengan kalian melakukan langkah-langkah di atas kemungkinan untuk mendapatkan calon investor akan mendapatkan peluang lebih besar.

Nah, itulah beberapa cara dapat investor bagi para pemula. Apakah kalian sudah melakukan langkah-langkah di atas? Semoga usaha kalian berjalan dengan lancar ya dan bisa mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Sumber foto: TemanKerja.id