Cara Pilih Investasi Syariah dan Daftar Investasi Syariah Lengkap

Investasi syariah adalah jenis investasi halal yang sesuai dengan syariat islam. Investasi syariah di antaranya adalah efek syariah berupa saham, sukuk, dan produk reksa dana syariah.




Lantas bagaimana cara investasi syariah dan cara memilih investasi syariah? 

Dilansir dari Bibit Weekly yang diterima TemanKerja, terdapat beberapa cara memilih investasi yang sesuai dengan syariat islam.

Berikut adalah daftar investasi syariah yang bisa menjadi pertimbangan sehingga kamu bisa berinvestasi dengan tenang:

Deposito Syariah

Deposito syariah adalah produk simpanan di bank dengan jangka waktu tertentu yang dikelola sesuai dengan syariat islam. Karena dikelola sesuai dengan syariat islam, deposito syariah tidak memiliki perhitungan bunga keuntungan, melainkan menggunakan “nisbah” alias sistem bagi hasil.


Deposito syariah seperti halnya deposito konvensional dinilai minim risiko, sehingga bisa menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi. Selanjutnya, sama seperti deposito konvensional, penarikan dana pada deposito syariah juga tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. 

Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan

Pemerintah mengeluarkan instrumen investasi dalam bentuk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), di mana jenisnya ada 2 yaitu Sukuk Ritel (SR dan Sukuk Tabungan (ST). 

Mulai 25 Februari 2022 hingga 17 Maret 2022 yang lalu, pemerintah menerbitkan Sukuk Ritel Seri SR016 dengan maksimal pembelian Rp 2 miliar serta memiliki tenor 3 tahun yang jatuh tempo pada 10 Maret 2025.

Berbeda dengan Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan (ST) memiliki tenor lebih pendek yaitu 2 tahun dengan maksimal pembelian sebesar Rp 3 miliar. 

Buat kamu yang belum sempat beli instrumen investasi surat berharga syariah ini, jangan khawatir karena pemerintah akan menerbitkan seri yang lain. Kamu pun bisa membeli SBN Syariah di Bibit tanpa perlu pindah aplikasi loh.

Reksa Dana Syariah

Pada prinsipnya, reksa dana syariah sama dengan reksa dana konvensional hanya saja dalam pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal. Saat ini, kamu bisa mengakses reksa dana syariah dengan mudah melalui aplikasi Bibit.


Cara Pilih Investasi Syariah dan Daftar Investasi Syariah Lengkap. (Bibit)



Bibit memiliki Fitur Bibit Syariah khusus buat kamu yang memiliki preferensi investasi syariah. Fitur ini akan memudahkan kamu sebagai user setia Bibit untuk bisa memaksimalkan pilihan reksa dana yang kamu mau, khusus untuk produk yang berbasis syariah.

Cara Pilih Investasi Syariah dan Daftar Investasi Syariah Lengkap. (Bibit)



Sama halnya dengan reksa dana konvensional, reksa dana syariah juga memiliki beberapa jenis diantaranya adalah Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana obligasi (RDO) dan Reksa Dana Saham (RDS). Kalau sudah paham, kamu tinggal pilih jenis reksa dana yang sesuai dengan tujuan serta profil risiko kamu. 

Sumber foto: TemanKerja.id