Financial Freedom: Arti dan Berapa Uang yang Dibutuhkan untuk Mencapai Financial Freedom? Ini Rumus Cara Menghitungnya!

Financial freedom adalah kondisi seseorang yang sudah tidak harus pusing dengan keuangan. Cara mencapai financial freedom adalah dengan memiliki passive income yang bisa leluasa digunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari.




Berapa Uang yang Dibutuhkan untuk Mencapai Financial Freedom?

Dilansir dari Bibit, terdapat 3 level menuju Financial Freedom yang harus kamu pahami dan pastikan kamu sudah achieved semuanya terlebih dahulu. 

1. Financial Literacy 

Pada level ini, literasi keuangan, financial check up, dan tujuan keuangan adalah hal yang sudah kamu ketahui. Di posisi ini, kamu bisa memahami situasi keuanganmu sehingga mengerti strategi seperti apa yang cocok untuk mencapai tujuan keuangan. Setiap orang punya kondisi keuangan dan profil risiko yang berbeda, sehingga strateginya juga tidak akan sama.

BACA JUGA:


2. Financial Security

Di level ini, kamu juga sudah memiliki dana darurat dan asuransi yang cukup sehingga nggak perlu khawatir jika tiba-tiba terjadi kondisi darurat. Singkatnya nih, level ini menunjukkan bahwa kondisi keuangan kamu dalam level yang aman.

3. Financial Independence

Selangkah lagi menuju financial freedom. Pada level ini, kamu tidak perlu lagi bergantung pada orang lain misalnya dengan cara berutang ke orang tua, teman, bank hingga ke pinjaman online untuk memenuhi kebutuhanmu. Soalnya, kamu sudah memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu.

Cara Menghitung Financial Freedom

Setelah penjelasan soal 3 level menuju financial freedom di atas, kini saatnya kita menghitung berapa dana yang harus disiapkan untuk mencapainya.


Sebagai contoh, Chris memiliki total pengeluaran setiap bulan sebesar Rp 10 juta. Untuk bisa mendapatkan passive income Rp 10 juta per bulan, Chris memilih instrumen investasi yang paling rendah risikonya, misalnya Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) dengan asumsi return 5% per tahun. Pertanyaannya, berapa jumlah dana yang harus dimiliki oleh Chris untuk mendapatkan Rp 10 juta per bulan tanpa bekerja? Berikut cara menghitungnya: 
 

Rumus: 

Pengeluaran per Tahun = Pengeluaran per bulan x 12 bulan

Dana yang Harus Dikumpulkan= Pengeluaran Tahunan ÷ asumsi return investasi


Contoh Perhitungan:

Pengeluaran per Tahun = Rp 10 juta x 12 bulan = Rp 120 juta

Dana yang Harus Dikumpulkan = Rp 120 juta ÷ 5% = Rp 2,4 miliar

Dari simulasi hitungan di atas, Chris harus memiliki Rp 2,4 miliar agar bisa memperoleh passive income sebesar Rp 120 juta per tahun atau 10 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber foto: Photo by Olya Kobruseva