Viral Amplop Kondangan Dibuka di Depan Tamu, Auto Kena Nyinyir

Video amplop kondangan dibuka langsung di depan tamu resepsi pernikahan viral di Instagram. Publik dibuat heran dilihatnya.




Nyumbang di acara pernikahan sudah menjadi tradisi di Indonesia. Biasanya, tamu kondangan akan menyiapkan amplop berisi uang dengan nominal tertentu untuk diberikan kepada penyelenggara hajatan.

Tetapi, apa jadinya bila amplop sumbangan yang sifatnya privasi langsung dibuka di depan mata pemberinya. Seperti yang diperlihatkan lewat video viral kali ini.

Akun Instagram @memomedsos membagikan sebuah video yang menampilkan kejadian unik saat resepsi pernikahan.

Tampak dua orang pria yang memakai baju batik duduk menyapa satu per satu tamu undangan. Bukan among tamu, mereka ini bertugas untuk mencatat sumbangan.

Seorang nampak menuliskan nama di depan amplop yang diberikan oleh tamu kondangan. Sedangkan satunya lagi bertugas mencatat.

Jadi, setelah ditulisi nama pemberinya, amplop kemudian dibuka lalu nominal isi sumbangan dituliskan  di buku besar yang sudah dipersiapkan.

Anehnya, amplop itu dibuka langsung di depan pemberinya. Alhasil, orang-orang di sekitar lokasi pun tahu berapa sumbangan yang diberikan tiap tamu.

"Amplop undangan dibuka langsung di depan mata tamy. Apa tempat kalian juga sama seperti ini?," tulis pengunggah video.

Entah memang tradisi daerah setempat atau apa, kegiatan membuka amplop langsung di hadapan tamu resepsi pernikahan jadi sorotan pengguna media sosial.

Ada yang menyebut, hal serupa juga terjadi di beberapa daerah, bahkan lebih terang-terangan. Tapi, ada juga yang menganggap tak etis karena mengumbar hal privasi orang.


Beragam tanggapan pun dituliskan. Kebanyakan ramai memberikan sindiran kepada pemilik hajatan.

"Di kampung-kampung biasanya gitu, kek arisan sistemnya," kata @citra***.

"Di tempat saya begitu, malah diumumkan pake sound system 8 chanel, mana cuma masukin 20rb," celetuk @flas***.

"Kelihatan banget yang kayak gini pengen balik modal," sindir @yuzd***.

"Kurang etika sih begini, jadi benar bagi mereka pernikahan itu bicara untung rugi," sahut @_fern***.

"Budaya balas budi," timpal @maspar***.

Sumber foto: Instagram/memomedsos