Cara Dapat Kuota Gratis dari Kemendikbud

Belum maksimalnya proses belajar mengajar karena adanya masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, rupanya pemerintah memberikan kebijakan untuk membagikan kuota secara gratis untuk menunjang proses belajar mengajar. Lalu bagaimana cara dapat kuota gratis dari Kemendikbud tahun 2021 ini? Berikut cara-caranya.




Siapa sih yang tidak menginginkan untuk mendapatkan kuota secara cuma-cuma, apalagi jika kuota yang didapatkan memiliki jumlah yang cukup fantastis lebih dari 7GB-15GBi tentu sangat menyenangkan bukan. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) masih berupaya untuk membantu proses belajar mengajar dengan cara memberikan kuota gratis kepada ada seluruh pihak yang tersangkut, seperti guru, dosen, siswa bahkan mahasiswa.

BACA JUGA:


Cara dapat kuota gratis

Rupanya bagi pihak yang terkait seperti dosen guru siswa maupun mahasiswa yang belum mendapatkan kuota bantuan dari Kemendikbud ini kalian bisa mengajukan diri kalian agar bisa mendapatkan kuota gratis tersebut.

Kalian bisa melaporkan atau mengajukan nomor telepon seluler kalian kepada pimpinan sekolah maupun perguruan tinggi agar bisa mendapatkan jatah kuota data bulanan dari Kemendikbud.

Setelah kalian mengajukan kepada pimpinan sekolah maupun perguruan tinggi selanjutnya pemimpin sekolah atau perguruan tinggi akan mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang berisikan nomor nomor seluler dari para mahasiswa, siswa, dosen maupun guru yang akan diajukan.

Syarat Mendapatkan Kuota

1. Untuk Siswa PAUD, SD, SMP dan SMA

Setiap siswa yang menginginkan untuk mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud syarat pertama yang harus terpenuhi adalah siswa tersebut terdaftar sebagai siswa di aplikasi Dapodik. Nomor penerima kuota bisa diterima langsung oleh siswa, orang tua siswa maupun wali dari siswa.
Untuk siswa PAUD akan mendapatkan bantuan kuota sebesar 7 GB/1 bulan, sedangkan untuk SD, SMP dan SMA mendapatkan bantuan kuota sebesar 10 GB/1 bulan.

2. Guru PAUD, SD, SMP dan SMA

Selain itu untuk para guru ternyata mendapatkan jumlah kuota yang berbeda yakni mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 12 GB/1 bulan, namun syarat utamanya untuk mendapatkan kuota bantuan dari Kemendikbud para guru harus terdaftar di aplikasi Dapodik.


3. Mahasiswa

Sedangkan untuk mahasiswa memiliki cara yang sedikit berbeda, syarat utamanya mereka harus terdaftar di PDDikti. Selain terdaftar mahasiswa tersebut masih menjadi mahasiswa aktif berkuliah atau sedang menuntaskan gelar ganda. Selain itu mahasiswa juga harus memiliki KRS atau kartu rencana studi yang tengah dijalani serta memiliki nomor telepon seluler yang aktif, untuk mahasiswa akan mendapatkan bantuan ke atas sebesar 15 GB/1 bulan

4. Dosen

Selain mahasiswa untuk para dosen mereka juga harus terdaftar pada aplikasi PDDikti dan berstatus dosen aktif, dosen juga mendapatkan kuota sebesar 15 GB/1 bulan.

Akses Terbatas

Rupanya kuota bantuan yang didapatkan dari Kemendikbud ini tidak memiliki akses yang bebas seperti kuota yang biasa kita miliki, kuota yang didapatkan dari Kemendikbud tidak bisa untuk mengakses Instagram, Snackvideo, Facebook, Snapchat, Tumblr, Twitter, Clash of Clans, Candy Crush, Garena AOV, TikTok, Free Fire, Viu, Netflix bahkan Likee.

Nah, itulah cara dapat kuota gratis dari Kemendikbud 2021. Bagi kalian yang memiliki adik, saudara maupun diri kalian sendiri yang belum mendapatkan bantuan kuota namun masih aktif mengikuti kegiatan belajar-mengajar baik di sekolah maupun perkuliahan segera daftarkan dan ajukan diri kalian ya. Semoga beruntung.

Sumber foto: TemanKerja.id