Apa hotel terbagus di Indonesia?

Apa hotel terbagus di Indonesia?




Indonesia kerap mencatatkan namanya di dalam daftar Penghargaan Terbaik Dunia versi Travel and Leisure. Tidak terkecuali untuk tahun 2023 ini. Pada tahun ini, ada enam hotel di Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar 100 Hotel Terbaik Dunia 2023 versi Travel and Leisure, yang dipilih berdasarkan preferensi pembaca mereka.

Dalam pilihan yang dilakukan oleh pembaca Travel and Leisure untuk daftar tahun ini, terdapat berbagai hotel yang tersebar di pusat-pusat kota terbesar di dunia, seperti Paris, Rio de Janeiro, Mumbai, hingga New York. Namun, dari enam hotel Indonesia yang mendapat tempat di dalam daftar tersebut, lima di antaranya berlokasi di Bali, dan satu hotel lainnya terdapat di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Peringkat teratas dalam kategori Hotel Terbaik Dunia 2023 versi Travel and Leisure ditempati oleh Four Seasons Hotel Istanbul at Sultanahmet di Istanbul, Turki. Di peringkat kedua, ada The Bushcamp Company's Mfuwe Lodge: South Luangwa National Park di Zambia. Sementara itu, di urutan ketiga, Indonesia berhasil meraih posisi dengan Andaz Bali.

Pemilihan dalam kategori ini mempertimbangkan berbagai jenis akomodasi, termasuk hotel, resor, hotel kota, dan pondok safari, yang dinilai berdasarkan lokasi, fasilitas, pelayanan, makanan, dan nilai tambah yang mereka tawarkan.

Penghargaan Terbaik Dunia dari Travel and Leisure diberikan setiap tahun dan melibatkan partisipasi dari para pembaca yang berpengalaman dalam industri perjalanan di seluruh dunia. Survei ini melibatkan sekitar 165 ribu pembaca yang memberikan opini mereka mengenai berbagai aspek dalam dunia perjalanan. Dalam tahun ini, lebih dari 685.000 suara diberikan untuk lebih dari 8.500 properti unik di seluruh dunia, termasuk hotel, kota, jalur pelayaran, dan lainnya.

Berikut hotel di Indonesia terbaik di dunia

Andaz Bali: Bali, Indonesia (Peringkat Ke-3)

Terletak di wilayah pantai Sanur, sebuah pantai yang terletak di sebelah tenggara Bali, properti yang telah berusia dua tahun ini meniru gaya desa tradisional Bali. Properti ini dilengkapi dengan paviliun beratap jerami, detail kayu yang rumit, dan berbagai area komunal. Terdapat total 149 kamar, suite, serta villa dengan pemandangan kolam renang, taman, atau laut.

Mandapa, Ritz-Carlton Reserve: Ubud, Indonesia (Peringkat Ke-12)

Mandapa adalah resor Ritz-Carlton yang menduduki peringkat tertinggi di antara 100 hotel favorit pembaca Travel and Leisure. Penginapan ini memiliki 60 kamar dan telah naik satu peringkat dalam daftar dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam bahasa Sansekerta, Mandapa berarti "bangunan candi." Resort ini terletak di lembah Sungai Ayung yang rimbun dan dijuluki oleh pembaca sebagai "surga di bumi."

Mulia: Bali, Indonesia (Peringkat Ke-37)

Di Semenanjung Bukit di selatan Bali, terdapat resor mewah all-suite yang memanjakan tamu dengan fasilitas seperti bathtub pribadi berputar, layanan pelayan pribadi, minuman teh sore, dan hidangan ringan malam yang disertakan saat menginap. Banyak akomodasi di resor ini menghadap ke pantai pasir putih Nusa Dua dan Samudra Hindia di sekitarnya.

Nihi Sumba: Sumba, Indonesia (Peringkat Ke-38)

Nihi Sumba terletak di Pulau Sumba yang terjal di Nusa Tenggara Timur. Resor ini memiliki 27 vila, masing-masing dilengkapi dengan kolam renang pribadi dan menawarkan pemandangan Samudra Hindia yang indah. Suasana di sini terasa jauh dari keramaian manusia, tetapi pengunjung juga dapat berinteraksi dengan penduduk setempat melalui berbagai kegiatan, mulai dari lokakarya tenun ikat hingga tur ke pasar terdekat.

Alila Manggis: Bali, Indonesia (Peringkat Ke-44)

Resor ini terletak di pantai timur Pulau Bali dan dijuluki oleh pembaca sebagai "salah satu permata tersembunyi di Bali." Aktivitas wisata di sini mencakup memancing di perairan dalam dengan jukung (perahu kayu tradisional) dan mendaki Gunung Lempuyang ke Pura Lempuyang, sebuah pura Hindu Bali kuno. Alila Manggis memiliki 55 kamar yang memukau.

The Oberoi Beach Resort: Bali, Indonesia (Peringkat Ke-86)

Empat puluh lima tahun setelah menjadi resor pertama di Seminyak, Pantai Seminyak, The Oberoi Beach Resort tetap menjadi ikon Bali yang tak tertandingi. Resor ini terletak di jalur pohon yang menjauh dari keramaian, berkelok-kelok di antara bangunan batu beratap jerami yang dirancang oleh arsitek Australia Peter Muller. Semua bangunan dilengkapi dengan furnitur Bali klasik dan pintu geser besar yang memungkinkan angin tropis masuk.

Sumber foto: Andaz Bali