Cara tukar uang baru online pakai PINTAR BI

Berikut ini adalah informasi tempat untuk melakukan penukaran uang baru dengan layanan bernama PINTAR BI yang dibuat oleh Bank Indonesia.





Perlu diketahui, bahwa untuk melakukan penukaran uang baru, BI memberikan kemudahan dengan layanan PINTAR BI sehingga bisa diurus secara online. Simak selengkapnya ya.


Setiap menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran tiba, masyarakat banyak yang berbondong-bondong untuk pergi ke tempat penukaran uang untuk menukarkan uang baru.


Pasalnya, uang baru biasanya banyak digunakan untuk dijadikan THR kepada sanak saudara atau keluarga sebagai sebuah berkat ketika hari raya Idul Fitri tiba.


Karena permintaan penukaran uang baru semakin meningkat seiring dengan semakin dekatnya hari raya Idul Fitri, banyak perusahaan perbankan yang menawarkan jasa penukaran uang baru.


Selain itu, banyak juga beberapa pedagang-pedagang kaki lima yang menawarkan jasa untuk menukarkan uang lama dengan uang baru, dengan tarif yang sedikit berbeda.


Untuk mengatasi lonjakan permintaan penukaran uang baru menjelang lebaran nanti, pihak Bank Indonesia (BI) membuat layanan bernama PINTAR BI.


Layanan PINTAR BI ini dibuat untuk berbagai tujuan dan kemudahan, salah satunya adalah untuk memesan penukaran uang lama dengan uang baru.


Berikut ini adalah tata cara untuk melakukan penukaran uang melalui layanan PINTAR BI. Simak selengkapnya ya.


1. Silahkan buka situs http://pintar.bi.go.id

2. Kemudian, pada halaman utama, pilih layanan ‘Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling’.

3. Lalu, silahkan pilih lokasi, provinsi, atau tempat yang sesuai dengan domisili kamu saat ini.

4. Setelah memilih, nantinya layanan akan memberikan informasi mengenai waktu serta tempat layanan kas keliling yang sesuai di lokasi tersebut. Silahkan pilih waktu dan tempat.

5. Kemudian, isi data pemesan, meliputi NIK, nama lengkap, nomor telepon, serta alamat e-mail.

6. Isi jumlah lembar uang baru yang akan dipesan dan ditukar melalui layanan kas keliling.

7. Setelah sudah, klik ‘Pesan’. Nantinya bukti pemesanan tersebut bisa di print sebagai alat untuk menukarkan uang baru di layanan kas keliling.

8. Silahkan datang sesuai waktu dan tempat yang telah dipilih untuk menukarkan uang baru di kas keliling.


Perlu diingat, bahwa untuk menukarkan uang baru melalui layanan kas keliling, kamu perlu untuk registrasi dan melakukan pemesanan melalui layanan PINTAR BI tersebut.


Sehingga, pastikan kamu telah membooking waktu dan tempat untuk menukarkan uang baru di lokasi yang sesuai dengan tempat kamu.


Sumber foto: Bank Indonesia