Cara merapikan daftar pustaka

Menulis skripsi atau karya ilmiah adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan teliti dan juga sesuai prosedur. 





Dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah, penulis harus menempatakan diri sebagai seorang peneliti yang netral dan tidak memihak pihak-pihak tertentu yang ada di dalam pembahasan. 


Selain itu, penulis juga perlu mentaati kaidah-kaidah penulisan tertentu.


Salah satu kaidah penulisan yang perlu diperhatikan adalah daftar pustaka. Daftar pustaka sangat penting lantaran menjadi acuan penulis dalam menyusun skripsi dan karya ilmiah. 


Sumber-sumber bacaan yang menjadi referensi dicantumkan di daftar pustaka, yang meliputi nama buku, penulis, tahun pembuatan, penerbit, dan juga situs referensi apabila diambil dari internet.


Kadangkala, penulis merasa bingung dalam menulis daftar pustaka. Penulis kadang menemui kesalahan dalam penulisan daftar pustaka, seperti dalam penentuan urutan penulisan, margin-margin tulisan, spasi, dan lain sebagainya. 


Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan referensi mengenai merapikan daftar pustaka secara manual atau dengan bantuan aplikasi tambahan.


Cara Merapikan Daftar Pustaka secara Manual


Merapikan Daftar Pustaka secara manual tidak memerlukan aplikasi tambahan, namun memang cukup menyita waktu. Simak selengkapnya ya.


  1. Tulis terlebih dahulu seluruh daftar pustakamu sesuai keinginanmu, yang penting sesuai abjad.
  2. Kemudian, seleksi seluruh daftar pustaka. Lalu pilih Paragraph di tab Home.
  3. Setelah itu, klik indentation dan pilih Hanging, yaitu untuk membuat paragraph menjorok ke dalam.


Cara Merapikan Daftar Pustaka dengan Aplikasi Mendeley


Mendeley adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat skripsi. Aplikasi Mendeley membantu dalam menuliskan referensi yang kamu ambil dan menyusunnya dalam daftar pustaka secara otomatis. Untuk merapikan daftar pustaka menggunakan Mendeley, berikut caranya:


  1. Pastikan Microsoft Word yang digunakan telah terinstall Mendeley.
  2. Pilih referensi yang kamu tuliskan di skripsi atau karya ilmiahmu. Lalu, seleksi tulisan tersebut.
  3. Untuk memulai daftar pustaka baru, silahkan pilih ‘Insert Bibliography’. Kamu bisa mengatur format daftar pustaka sesuai keinginanmu.
  4. Untuk menambahkan daftar pustaka, silahkan seleksi tulisannya, kemudian pilih ‘Formatted Citation’. Secara otomatis, tulisan tadi akan ditambahkan di daftar pustaka.


Itulah tadi informasi mengenai menambahkan daftar pustaka untuk penulisan skripsi dan karya ilmiah.


Photo by Christin Hume on Unsplash