Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia, Kantor Idaman Pencari Kerja

Baru-baru ini, Majalah ekonomi Fortune Indonesia merilis daftar perusahaan-perusahaan yang terbesar di Indonesia. Perusahaan yang masuk di daftar ini terdiri dari perusahaan-perusahaan terbuka di Indonesia, dan ada pula perusahaan tertutup. 




Sebelumnya, Majalah Fortune Indonesia telah menghimpun beberapa laporan kinerja perusahaan-perusahaan, meliputi laporan keuangan yang telah di audit. Data-data tersebut kemudian diolah dan di list berdasarkan pendapatan fiskal tahun 2021.

Ini adalah kedua kalinya Majalah Fortune Indonesia merilis daftar perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia. Kebanyakan perusahaan yang ada di daftar kedua ini mayoritas juga terdaftar di daftar pertama versi majalah Fortune Indonesia. 

Berikut ini beberapa daftar perusahaan terbesar di Indonesia yang telah kami rangkum. Data-data yang dihimpun di dapat dari majalah Fortune Indonesia pada tahun 2021.

1. PT Pertamina (Persero)

Siapa yang tidak mengetahui PT. Pertamina. Raksasa minyak dan gas Indonesia ini berada di urutan pertama daftar perusahaan terbesar di Indonesia versi majalah Fortune Indonesia. Total pendapatan yang dihimpun adalah sekitar Rp. 820,659 triliun dengan keuntungan bersih sekitar Rp. 29,191 triliun. 

2. PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero)

Sebagai perusahaan milik pemerintah yang mengelola listrik Indonesia, PLN ada di tempat kedua sebagai perusahaan terbesar di Indonesia. Tercatat, PLN mengelola pendapat Rp. 368,174 triliun dengan laba bersih sekitar Rp. 13,128 triliun.

3. PT Astra International (Persero)

Astra International tercatat meraup pendapatan sekitar Rp. 233,485 triliun, dengan pendapatan bersih sekitar Rp. 20,196 triliun. Hal ini membuat Astra International bercokol di posisi ketiga perusahaan terbesar di Indonesia.

4. PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI (Persero)

BRI berada di posisi ke empat dengan pendapatan sekitar Rp. 191,728 triliun dengan pendapatan bersih Rp. 31,066 triliun. 

5. PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom (Persero)

Perusahaan milik pemerintah yang bergerak dalam bidang Telekomunikasi ini berada di urutan kelima dengan meraih pendapatan sekitar Rp. 143,210 triliun. Laba bersih yang didapatkan yaitu sebesar Rp. 24,760 triliun.

6. PT Bank Mandiri (Persero)

Bank Mandiri adalah bank kedua yang berada di daftar ini setelah Bank BRI. Pada tahun 2021, Bank Mandiri tercatat mendapatkan laba sekitar Rp. 141,635 triliun dengan laba bersih sekitar 5,605 triliun.

7. PT Gudang Garam Tbk (Persero)

Raksasa produsen rokok ini ada di urutan ke tujuh dengan pendapatan sekitar Rp. 123,881 triliun. Laba bersih yang didapat pada tahun 2021 adalah sebesar Rp. 5,605 triliun. 

Itulah beberapa daftar perusahaan terbesar di Indonesia yang tercatat di daftar perusahaan terbesar Indonesia versi Fortune Indonesia.

Sumber foto: twitter/pertamina