3 Bantuan Pemerintah 2022 Terbaru, Apa Saja? Ini Daftarnya!

Bakal segera terealisasi di tahun 2022 ini bantuan pemerintah terbaru, mulai dari BLT Dana Desa, Kartu Prakerja dan Bansos Kemensos. Simak info lengkapnya di sini!




Masa pandemi Covid 19 masih menyelimuti penduduk dunia termasuk Indonesia juga sangat merasakan dampaknya. Hampir memasuki 3 tahun masa pandemi tentu membuat lembaga negara berfikir keras agar bisa menyejahterakan rakyatnya, akhirnya pemerintah terus mengeluarkan berbagai bantuan. Berikut 3 jenis bantuan pemerintah tahun 2022.

Rupanya pemerintah terus berupaya untuk membantu perekonomian masyarakatnya. Tak hanya untuk keluarga saja bahkan pemerintah memberikan bantuan bagi para pemuda pemudi yang belum memiliki pekerjaan dan tengah mencari pekerjaan. Berikut jenis dan penjelasan bantuan pemerintah di tahun 2022 ini, yuk kita simak:

1. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja memang terus melakukan bantuan secara rutin bahkan telah memasuki gelombang 22. Akhirnya pemerintah dan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi kembali mengeluarkan bantuan berupa Kartu Prakerja yang diperuntukkan untuk para pemuda dan pemudi yang belum mendapatkan kerja.

Bahkan untuk gelombang yang ke 23 ini bakal ada wacana akan melakukan pelatihan secara tatap muka apa bila situasi Covid-19 sudah stabil.

Bantuan Kartu Prakerja gelombang 23 ini akan direalisasikan pada awal Februari 2022. Hal ini dikatakan oleh Airlangga Hartarto.

2. Bansos Kemensos

Kementerian Sosial dan pemerintah resmi mengeluarkan bantuan berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Program ini ditujukan untuk memberikan bantuan sosial bagi warga miskin dan rentan sebagai bentuk program perlindungan sosial dari Kemensos.

Rupanya bantuan Bansos Kemensos ini tergantung dari jumlah dan keadaan anggota keluarga inti. Bahkan dalam keluarga bisa mendapatkan bantuan kurang lebih Rp 900.000 - Rp 3.000.000.

Angka tersebut dipengaruhi seperti tingkat pendidikan, keadaan ibu hamil, anak disabilitas, lansia dan anak usia dini.

3. BLT Dana Desa

Abdul Halim Iskandar selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Desa PDTT) rupanya pemerintah telah memberikan patokan untuk pengguna Dana Desa (DD) tahun 2022.

Sekitar 60% Dana Desa digunakan untuk program pemberdayaan masyarakat sedangkan 40% untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Untuk setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang mendapatkan program BLT ini menerima uang tunai sebesar Rp 300.000. Program ini diperuntukkan bagi keluarga miskin dan tidak mampu.

Nah, itulah 3 jenis bantuan pemerintah di tahun 2022 yang akan di bagikan semerata mungkin kepada seluruh masyarakat yang memenuhi persyaratan. Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehat.

Sumber foto: TemanKerja.id