Brand Awareness Artinya dan Cara Meningkatkan Brand Awareness

Setiap wirausaha atau seorang pebisnis pasti mengharapkan produknya bisa laku keras di pasaran. Apalagi jika produk yang ditawarkan memiliki segudang manfaat baik untuk pengguna maupun lingkungan sekitar. Hal tersebut berkaitan dengan brand awareness atau kesadaran dari para konsumen agar minat membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut pengertian brand awareness dan cara menaikkan produk penjualan.




Bahkan untuk brand awareness untuk setiap produk terkadang memiliki posisi yang sangat kuat dan biza membuat banyak orang sering menyebutkan merek daripada nama produknya. Sebagai contoh "paralon" kebanyakan orang langsung terpikirkan dengan sebuah pipa bukan? Itulah yang disebut sebagai brand awareness yang sangat tinggi.

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness adalah kesadaran orang terhadap produk atau jasa dari sebuah brand atau merek. Tingkat kesadaran atau awareness orang-orang tersebut menyangkut semua hal seperti tagline, logo, dan merk.

Keuntungan Brand Awareness 
  • Menciptakan kepercayaan pelanggan
  • Memudahkan menjaring konsumen baru
  • Meningkatkan brand equity
  • Mendorong para konsumen agar loyal
Cara Meningkatkan Brand Awareness

• Freemium

Freemium merupakan gabungan dari free dan premium. Rupanya metode ini diterapkan untuk para pelanggan yang merasa membutuhkan fitur tambahan atau fitur yang lebih lengkap daripada fitur yang ditawarkan dengan mode gratis. Jika dirasa para pengguna membutuhkan maka para pengguna bisa meng upgrade layanan menjadi premium. Untuk saat ini banyak aplikasi yang menggunakan metode tersebut seperti Spotify, HootSuite, VIU, iQIYI dan lain-lain.

• Partnering

Metode ini juga dibilang cukup efektif efisien untuk meningkatkan penjualan. Metode ini dilakukan dengan cara bekerja sama dengan brand-brand lainnya agar terkesan produk yang dihasilkan selalu memberikan inovasi baru. Untuk saat ini seperti halnya untuk produk hp seperti Xiaomi yang menggandeng seniman ternama Muchlis Fachri atau Muklay untuk mendesain body dari salah satu HP Xiaomi.

• Referral programs

Metode ini dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut, pakan untuk target pasar bisa semakin luas persebarannya karena dibagikan dari mulut ke mulut baik antar teman, rekan kerja, kerabat maupun saudara. Kelebihannya untuk seseorang yang bisa mengajak orang lain bergabung atau membeli produk yang ditawarkan maka si pengacak akan mendapatkan insentif.

• Infografik

Untuk metode ini lebih menekankan pada penampilan visual seperti gambar dibanding dengan teks atau huruf dan angka.

• Review pelanggan

Rupanya metode ini cukup efektif dan efisien baik untuk pasar elektronik atau e-commerce dan berbagai produk yang dijual secara offline. Review atau ulasan dari pelanggan memiliki dampak yang cukup signifikan karena para pembeli akan lebih percaya terhadap review atau ulasan yang dikatakan atau dilontarkan oleh para pelanggan.

• Free content

Metode ini adalah menggabungkan konten dengan strategi pemasaran atau strategi marketing. Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar orang untuk mencari produk apa yang akan mereka beli melalui mesin pencari seperti Google Chrome, Firefox dan lain-lain.

Nah itulah beberapa pengertian brand awareness dan cara menaikkan brand awareness di tengah-tengah masyarakat agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa laku keras di pasaran.

Sumber foto: TemanKerja.id