Cara review jurnal dengan cepat

Cara review jurnal dengan cepat




Dalam dunia perkuliahan, menulis dan membaca tulisan-tulisan ilmiah adalah hal yang akan sering dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen. Baik tulisan berbentuk skripsi, jurnal ilmiah, artikel ilmiah, dan lain sebagainya. Selain akan banyak berurusan dengan jurnal-jurnal ilmiah, mahasiswa juga perlu mengetahui kaidah-kaidah penulisan dalam menulis tulisan ilmiah.

Salah satu tugas kuliah yang cukup merepotkan bagi mahasiswa adalah mereview sebuah jurnal ilmiah yang panjang. Jurnal ilmiah yang panjang tentu berisi mengenai sebuah masalah yang dijelaskan secara kompleks, rinci, dan terstruktur. Namun pada kenyataanya, mahasiswa banyak yang kurang menyukai tugas seperti ini, lantaran terlalu panjang dan memakan waktu yang cukup lama.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara untuk mereview jurnal ilmiah dengan cepat, sehingga kamu bisa menyerap apa yang dibahas di jurnal tersebut dan menyerapnya ke dalam tugas atau tulisanmu. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama adalah review jurnal secara manual, dan yang kedua menggunakan situs. Simak selengkapnya ya. 

1. Review Jurnal secara manual

Review jurnal dan karya ilmiah secara manual adalah cara yang mudah namun cukup menyita waktu. Walaupun melelahkan, mereview jurnal secara manual memiliki beberapa keuntungan, seperti lebih mengerti apa isi dari jurnal tersebut, karena harus membaca langsung isi jurnal tersebut dan menjelaskan kembali dengan bahasa yang berbeda.

Selain itu, mereview jurnal secara manual juga bermanfaat apabila nantinya mahasiswa ditanyai langsung oleh dosen tentang isi jurnal tersebut secara singkat atau menyeluruh. Jangan lupa sampaikan dengan bahasamu sendiri agar kamu punya sudut pandang yang berbeda terhadap jurnal tersebut.

2. Menggunakan situs Getdigest

Getdigest merupakan situs untuk mereview sebuah jurnal secara online dan cepat. Kelebihannya tentu saja lebih sngkat, cepat, dan tidak menyita waktu. Namun, kekurangannya adalah kita tidak bisa mengetahui secara pasti dan mendalam mengenai isi jurnal tersebut. Hal tersebut tentunya berbahaya apabila kamu ditanyai oleh dosen.

Cara menggunakan Getdigest cukup mudah. Kamu perlu menyiapkan jurnal yang hendak kamu review dengan ukuran maksimal 5MB dan 7000 karakter. Setelah itu, kamu bisa memiliki presentase jurnal yang akan di review, seperti 5% hingga 55% (maksimal)

Itulah tadi cara untuk mereview jurnal dengan cepat. Untuk informasi-informasi lainnya, simak selengkapnya ya.