Cara menjawab pertanyaan mengapa memilih judul penelitian ini

Cara menjawab pertanyaan mengapa memilih judul penelitian ini




Sebagai seorang mahasiswa, hal terakhir yang memisahkan mereka dari dunia perkuliahan dan dunia pekerjaan adalah sebuah pertanggungjawaban bernama skripsi. Skripsi adalah sebuah tulisan ilmiah panjang yang berisi penjabaran sebuah masalah, penjelasan masalah, serta analisis, yang disusun dengan kaidah-kaidah tertentu.

Apabila kamu adalah mahasiswa yang baru saja hendak mengambil skripsi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Untuk memulai menulis skripsi, kamu harus menentukan judul penelitian terlebih dahulu. Judul penelitian skripsi adalah penjelasan mengenai hal yang dibahas di dalam sebuah skripsi. Nantinya, judul penelitian skripsi akan menjadi garis besar penulisan skripsimu kelak.

Setelah itu, setelah kamu mendapatkan judul penelitian skripsi yang kamu inginkan, kamu perlu mengajukan judul tersebut kepada dosen untuk dinilai apakah judul tersebut layak diteliti sebagai skripsi atau tidak. Proses ini juga bisa dibilang sebagai tahap ‘negosiasi’ antara mahasiswa dan dosen untuk menentukan penulisan skripsi.

Dalam tahap negosiasi ini, dosen akan bertanya berbagai hal tentang judul penelitianmu ini, terutama mengenai alasan mengapa kamu mengambil judul penelitian ini sebagai skripsimu. Kamu perlu mempersiakna diri dengan jawaban-jawaban yang logis supaya judul skripsimu disetujui. Nah, berikut ini adalah beberapa jawab yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan dosenmu.

1. Aspek Kemenarikan dan Belum Pernah di Teliti

Kamu bisa mengatakan bahwa judul skripsimu memiliki sebuah hal yang menarik untuk di teliti, dan juga belum pernah diteliti oleh siapapun. Hal ini bisa saja menjadi alasan kenapa judul skripsimu bisa disetujui. Namun, kamu juga perlu menjelaskan letak menariknya dimana, dan juga bukti bahwa skripsi ini belum pernah diteliti siapapun.

2. Urgensi

Urgensi merupakan hal yang juga tepat untuk dijadikan alasan mengapa kamu mengajukan judul skripsi, dengan catatan hal yang kamu teliti itu sedang atau baru saja terjadi di masyarakat, dan memerlukan penelitian lebih lanjut. Sehingga, ada sebuah hal yang fresh dan actual dalam judul skripsimu. 

3. Melanjutkan Penelitian Sebelumnya

Apabila kamu mengajukan judul skripsi yang melanjutkan penelitian yang sudah ada, hal tersebut tentu bisa menjadi pertimbangan dosen. Terlebih apabila penelitian tersebut belum menemukan hasil yang optimal.

Itulah beberapa jawaban yang kamu bisa gunakan apabila ditanya alasan memilih judul penelitian ini. Pada intinya, hal yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus jujur dalam menyusun penelitian dan mampu menjelaskan penelitian secara detail dan terstruktur. Untuk informasi lainnya, simak selengkapnya ya.

Photo by sean Kong on Unsplash