Puasa Ramadhan 2023, hukum dan manfaat puasa bagi umat muslim dan umat lainnya

Berikut hukum puasa Ramadhan 2023 dan manfaat puasa Ramadhan bagi umat muslim.





Salah satu alasan mengapa bulan ini disebut dengan bulan suci penuh berkah karena manfaat yang didapatkan bukan hanya berlaku bagi umat muslim saja namun umat lainnya juga. 


Dikutip dari Unpas, berikut pengertian, hukum, dan manfaat puasa.


Pengertian Puasa Ramadhan


Dikutip dari muslim.or.id, puasa secara bahasa artinya adalah menahan diri, sedangkan secara istilah artinya beribadah kepada Allah SWT dengan menahan diri dari makan, minum, perbuatan buruk, dan pembatal puasa lainnya, dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.


Puasa dalam agama Islam merupakan salah satu ibadah wajib yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagai bentuk ketaatan umat muslim dalam menjalankan perintah Allah, puasa yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan biasanya berjumlah 29 hingga 30 hari.


Puasa di bulan Ramadhan dapat menghapus kesalahan atau dosa yang telah diperbuat oleh umat muslim asalkan dilakukan dengan iman dan benar-benar mengharapkan pahala dan ridha dari Allah SWT.


Hukum Puasa Ramadhan


Puasa merupakan salah satu rukun islam yang ketiga setelah shalat dimana hukumnya adalah wajib, perintah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan tercantum dalam surah al- Baqarah ayat 183, yang artinya :


“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kalian bertaqwa”


(QS. Al- Baqarah 183)


Puasa merupakan salah satu amalan yang dapat menolong kita (umat muslim) di hari kiamat, hal ini diriwayatkan oleh HR.Ahmad bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,


“Amalan puasa dan membaca al Quran akan memberi syafaat bagi seorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata : Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya. Dan Al-Quran berkata : Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya, maka keduanya pun diizinkan memberi syafaat”


Rukun dan Syarat Wajib Puasa Ramadhan


Bagi umat Muslim yang sedang melaksanakan puasa ramadhan terdapat rukun dan syarat wajib puasa, sebagai berikut :


Rukun Puasa


1. Niat


2. Menahan Diri dari Hal yang membatalkan Puasa


Syarat Wajib Puasa


1. Beragama Islam


2. Baligh


3. Berakal


4. Sehat


5. Mampu


6. Tidak dalam perjalanan


7. Suci dari Haid dan Nifas


Hal-hal yang membatalkan Puasa


Saat kamu sedang menunaikan ibadah puasa bisa jadi proses tersebut tidak semudah dan selancar yang dibayangkan, sebagai salah satu bentuk ibadah wajib yang memiliki syarat sah maka ada hal-hal yang dapat membatalkannya.


1. Muntah dengan Sengaja


2. Sengaja berhubungan Seksual


3. Tidak mengendalikan Hawa Nafsu


4. Keluarnya Air Mani (Sperma)


5. Merokok


6. Menstruasi atau Haid


7. Masa Nifas


8. Sengaja memasukan sesuatu ke organ dalam (mulut, telinga, dan hidung)


9. Hilang Akal


10. Mabuk


11. Pingsan


12. Murtad (Keluar Islam)


13. Makan dan minum dengan sengaja


14. Menelan Dahak


15. Berenang


Manfaat Puasa Ramadhan


Semua hal yang diperintahkan oleh Allah SWT dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW sudah pasti memiliki manfaat yang tidak main-main. Dikutip dari cnnindonesia.com, puasa memiliki sejumlah dampak baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.


Bahkan hal ini banyak dibuktikan oleh banyak hasil penelitian dan dipercaya sebagai metode diet yang efektif dalam menurunkan berat badan, masih banyak manfaat yang akan didapatkan dalam puasa, diantaranya.


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


2. Meningkatkan Metabolisme


3. Meningkatkan Fungsi Otak


4. Bantu Detoksifikasi Tubuh


5. Mengontrol Gula Darah


6. Meredakan Peradangan


7. Turunkan Berat Badan


8. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan


9. Mencegah Kanker


10. dsbnya.


Hikmah Puasa Ramadhan


Selain manfaat yang luar biasa bagi tubuh, banyak hikmah yang akan didapat bagi orang yang sedang menjalankannya, momen tersebut juga menjadi waktu yang paling tepat bagi umat muslim untuk Tazkiyatun Nafs yang berarti membersihkan jiwa, memperbaikinya dan menumbuhkannya agar menjadi semakin baik serta mengembangkan potensi baik pada jiwa manusia.


1. Melatih Kesabaran


2. Membentuk Akhlakul Karimah


3. Mempengaruhi kondisi fisik menjadi sehat


4. Menimbulkan rasa Syukur


5. Meningkatkan Ketaqwaan dalam diri


6. Membersihkan diri dari dosa


7. Membiasakan diri hidup hemat


8. Mendekatkan diri kepada Allah


9. Waspada saat melakukan Maksiat


10. Dsbnya.


Itulah beberapa hal mengenai puasa Ramadhan, mulai dari pengertian hingga hikmah dibalik pelaksanaan ibadah puasa, ramadhan adalah bulan suci yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia.


Beribu-ribu manfaat yang akan didapatkan akan sangat disayangkan jika sampai terlewatkan walau hanya satu hari saja, jangan sampai kamu tidak melakukan kebaikan di Bulan Ramadhan karena bulan Kemenangan ini hanya datang satu kali dalam satu tahun.


Photo by Faseeh Fawaz on Unsplash