7 tanaman hias yang bisa mengurangi polusi di dalam ruangan

Tanaman hias merupakan salah satu cara yang baik untuk mempercantik suasana di dalam rumah dan kantor. Selain itu, tanaman hias juga dapat berfungsi sebagai penyaring udara, sehingga dapat membantu mengurangi polusi di dalam ruangan. 





Pemilihan tanaman hias yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan ini. Berikut adalah daftar tanaman hias yang dapat membantu mengurangi polusi di dalam ruangan:


1. Lavender (Lavandula angustifolia): Tanaman beraroma harum ini dapat menyerap polutan berbahaya seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene. Lavender juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dengan mengeluarkan oksigen.


2. Dracaena (Dracaena marginata): Tanaman ini dapat mengadsorpsi zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene dan xylene. Dracaena juga dapat mengurangi kelembaban di dalam ruangan, sehingga mengurangi jumlah jamur dan bakteri.


3. Spider Plant (Chlorophytum comosum): Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang paling efisien dalam menyaring polutan udara. Spider plant dapat menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene dan xylene.


4. Aloe Vera (Aloe barbadensis): Tanaman ini memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Aloe vera juga dapat menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene.


5. Bambu (Bambusa spp.): Tanaman ini dapat membantu menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene. Selain itu, bambu juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dengan mengeluarkan oksigen.


6. Pothos (Epipremnum aureum): Tanaman ini dapat menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene dan xylene. Pothos juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan mengeluarkan oksigen.


7. Sansevieria (Sansevieria trifasciata): Tanaman ini dapat menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene dan xylene. Sansevieria juga dapat membantu mengurangi kelembaban di dalam ruangan, sehingga mengurangi jumlah jamur dan bakteri.


Itulah beberapa tanaman hias yang dapat membantu mengurangi polusi di dalam ruangan. Pemilihan tanaman hias yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan ini. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Sumber Referensi:


1. Indoor Air Pollution and Houseplants. (n.d.). Diakses dari https://www.thoughtco.com/indoor-air-pollution-and-houseplants-2824388


2. Air-Purifying Houseplants You Need in Your Home or Office. (2020, April 7). Diakses dari https://www.thespruce.com/air-purifying-houseplants-1902704


3. 10 Air-Cleaning Houseplants That Are Almost Impossible to Kill. (2019, November 8). Diakses dari https://www.goodhousekeeping.com/home/gardening/g27551946/air-purifying-houseplants/


Photo by Samantha Gades on Unsplash