Arti Exit Liquidity, Istilah NFT dan Crypto yang Trending di Twitter

Apa arti Exit Liquidity yang trending di Twitter? Berikut penjelasannya.




Exit Liquidity Artinya

Exit Liquidity adalah salah satu istilah slang di crypto dan NFT. 

Mengalihbahasakan dari mhouse, berikut definisi Exit Liquidity:

Market sekarang berbasis liquidity atau likuiditas yakni jumlah uang yang tersedia di pasaran. Jika kamu perhatikan volume trading dalam sehari maka banyak sekali koin yang diperjual belikan.

High liquidity artinya kamu bisa membeli atau menjual koin dengan mudah dengan harga yang tidak banyak berubah.

Low liquidity adalah kondisi di saat kamu menjual koin tapi tidak ada yang membeli atau cuma laku sedikit sehingga membuat harga pasaran anjlok.

Ketika seseorang yang memiliki banyak koin ingin menukarkannya dengan uang, mereka nggak mau melepas karena harganya turun. Solusi untuk kondisi ini adalah dengan 'menggoreng' sehingga menjadi hype dan mengundang banyak pembeli di pasaran.

Seringkali setelah fase 'goreng-menggoreng' ini maka akan muncul fase di mana harga akan sangat anjlok dan tidak ada yang beli. 

Di sinilah Exit Liquidity yakni ketika seseorang yang sudah mengamankan aset/dollar dari koin tinggal santai-santai saat pasar sedang sangat lesu.

Exit Liquidity Jadi Pembicaraan di Twitter

Istilah Exit Liquidity menjadi topik yang banyak diperbincangkan di Twitter.

Hal tersebut diduga dari cuitan Chef Arnold yang mengquote retweet dari pengguna Twitter yang lain soal NFT yang nyaris mati, transaksi banyak yang minus.

"Ya sorry kalau anda jadi exit liquidity kita," tulis akun Twitter ArnoldPoernomo, Minggu (21/8/2022).

Alhasil banyak yang membahas exit liquidity ini.

"Gue harap ini bisa menyadarkan banyak orang. Orang seperti ini itu ada, mungkin banyak. Jangan sampai uang lo dikembalikan dalam bentuk “Ya sorry…”. Ga masuk ROI-nya"

"Exit liquidity itu misalkan saya beli barang (NFT) itu di harga 1$. Trus saya promoin sebagai influencer dan harganya naik ke 5$, lalu kamu kebujuk buat beli itu barang di 5$ padahal kalo dianalisa itu harga udah tinggi, pas kamu beli eh orang orang pada jualan. Nyangkut deh"

"Jangan lupa, trading itu zero sum game, mau saham, kripto, nft, apalah. setiap ada yang untung pasti ada yang rugi. Mau "investasi" juga, basicnya trading. yang beli belakangan jadi exit liquidity yang duluan. Pinter2 dikit, lah."

"Broke: exit liquidity

Woke: kena tipu"

"greater fool --> merendahkan, terdengar seperti korban penipuan

exit liquidity --> terlihat pintar dan empowering"

"semoga kita semua dijauhkan dari koko2 yg punya potensi menjadikan orang lain sbg exit liquidity"

"Ribet amat bahasanya exit liquidity, bilang aja kena tipu ckck"