7 Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Menjanjikan

Ide bisnis kuliner modal kecil patut dicoba bagi teman-teman yang ingin mendapat uang tambahan. Apa saja usaha makanan yang bisa dicoba?




Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil Menjanjikan

Dilansir dari Gobiz, berikut ide bisnis kuliner modal kecil makanan murah tapi menjanjikan:

1. Sempol

Camilan yang satu ini termasuk jajanan murah dan lezat yang bisa Anda dapatkan di pinggir jalan. Anda bisa mencari resep mudah membuat sempol dan berjualan dekat rumah Anda dengan harga mulai dari Rp1000 per tusuknya. Tak hanya kecil, orang dewasa pun juga menyukai jajanan ini, apalagi bila Anda tambahkan sambal yang pedas.

2. Martabak mini

Ide jualan 1000an yang kedua adalah martabak mini. Makanan satu ini juga sangat mudah Anda buat dan banyak orang menyukainya sebagai camilan. Anda bisa mengkreasikan martabak mini manis dengan topping sesuai selera seperti meses, keju, atau selai.

3. Cilor dan makaroni telor

Siapa yang tak kenal aci telor atau cilor dan makaroni telor atau maklor? Jajanan satu ini menjadi favorit oleh anak-anak sekolah dan banyak orang dewasa. Olahan aci atau makaroni bersama telor ini adalah pilihan yang tepat sebagai makanan ringan. Harganya yang murah juga menjadi daya tarik tersendiri dari usaha ini. Cobalah jualan di tempat yang ramai atau dekat sekolah agar Anda semakin untung.

4. Es lilin 

Cuaca Indonesia yang cenderung panas akan sangat cocok jika Anda berjualan es. Anda bisa memilih berjualan es lilin yang murah. Coba titipkan jualan Anda di warung dekat sekolah atau tempat ramai lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan untuk membeli atau menyewa alat pendingin maupun kulkas. 

5. Telur gulung

Ide jualan 1000an berikutnya adalah telur gulung. Makanan yang satu ini juga sudah terkenal sebagai favorit banyak orang. Cara membuatnya pun mudah dan Anda tak perlu modal yang banyak. Anda bisa mematok harga Rp1000 per tusuk dengan saus yang pedas.

6. Tahu walik

Gorengan tahu walik dengan cabai rawit yang pedas sangat menjadi favorit oleh orang dewasa. Harganya yang murah, yakni mulai dari Rp1000, pasti membuat banyak orang membeli dalam jumlah yang banyak. Camilan ini bisa membuat banyak orang ketagihan karena rasa gurih dan lezatnya. Tahu yang diisi dengan adonan aci atau bakso ayam ini adalah pilihan yang tepat sebagai makanan ringan.

7. Pentol sosis bakar

Ide jualan 1000an yang terakhir adalah pentol sosis bakar. Jajanan yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Jajanan ini biasa dijual di tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan atau festival makanan. Sediakan saus dengan berbagai rasa supaya semakin menarik perhatian calon konsumen.

Prospek Keuntungan

Berjualan jajanan dengan harga 1000-an sangat memiliki potensi keuntungan yang besar. Namun, untuk melihat profitnya, Anda juga harus bisa sabar dan tekun dalam berjualan. Bila Anda mematok harga Rp1000 untuk setiap satu buah jajanan yang Anda jual, berarti Anda juga harus melalukan perhitungan berapa banyak yang harus dijual setiap harinya.

Misalnya, Anda menjual sempol dengan harga Rp1000 per tusuk. Anda ingin meraih pendapatan sebesar Rp1.000.000 per bulan. Maka dari itu, Anda harus menjual setidaknya 1.000 tusuk per bulan atau sekitar 30 hingga 40-an tusuk per hari. Semakin banyak yang Anda jual, maka akan semakin besar juga pendapatan Anda.