Cepat Lelah Setelah Pulang Kerja? Ini Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu merasa cepat lelah setelah pulang kerja? Seperti rasanya ingin segara sampai kamar terus rebahan? Tenang, kamu nggak sendiri kok! Simak cara mengatasi cepat lelah setelah bekerja berikut ini!




Kenapa Cepat Merasa Capek Sepulang dari Kerja?

Banyak faktor yang menyebabkan kamu cepat lelah, berikut di antaranya:

1. Kamu Kurang Tidur

Salah satu penyebab dasar kamu mudah lelah adalah karena kurang tidur. Saat kurang tidur, kamu akan merasa capek sepanjang hari. Hmm, sepertinya sering terjadi?

2. Jobdesk Kamu Sangat Menguras Energi

Kamu mudah capek jangan-jangan karena memang pekerjaan kamu menguras energi fisik dan mental? Misalnya kalau kamu kerjaan sehari-harinya angkat-angkat barang, atau sering jalan kaki, ya wajar sih kalau gampang capek.

3. Tadi Udah Istirahat Belum di Tempat Kerja?

Bagi yang kerjanya di depan laptop juga bisa lho kecapekan. Salah satu cara mengatasinya adalah luangkan waktu untuk istirahat. Berdiri, jalan-jalan ke dapur, ambil minum, atau olahraga ringan deh biar nggak duduk melulu.

4. Kurang Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi berpengaruh besar pada apa yang kamu rasakan nih teman-teman. Kalau kamu di kantor suka makan-makanan yang kurang sehat, ya nanti ujung-ujungnya kamu juga mudah lelah, dan sakit. Coba deh mengonsumsi makanan sehat.

5. Mengalami Stress atau Masalah Kesehatan Mental

Depresi atau gangguan kesehatan mental yang lain juga bisa menyebabkan mudah lelah sepulang dari bekerja. Segera cari pertolongan dari ahlinya.

6. Lagi Sakit

Mungkin kamu memang sedang tidak enak badan. Dan tentu saja badan kamu sedang tidak dalam kondisi prima untuk melakukan pekerjaan. Jangan lupa minum obat ya!

7. Kebanyakan Minum Alkohol atau Penggunaan Obat yang Berlebihan

Kadang ada yang saking capeknya urusan pekerjaan larinya ke minum alkohol atau mengonsumsi obat. Padahal itu kalau berlebihan bisa berbahaya lho! Yuk choose wisely.

Lalu bagaimana cara mengatasi cepat lelah setelah pulang kerja?

Cara Mengatasi Cepat Lelah Sepulang Kerja

Berikut yang bisa kamu lakukan agar tidak mudah capek:

1. Tidur Cukup

Usahakan paling tidak bisa tidur delapan atau sembilan jam per hari. 

2. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Dehidrasi adalah penyebab utama kelelahan, terutama bagi yang terbiasa di kantor minumnya kopi dan soda. 

Kopi dan soda mungkin bisa menyegarkan di awal, padahal dua-duanya bikin dehidrasi lho.Ayo mulai biasakan minum air putih! 

Kalau sering lupa minum, coba deh download aplikasi pengingat minum air putih, udah banyak kok yang bagus-bagus. 

Nah, misal nggak terlalu suka air putih yang rasanya hambar-hambar aja, coba minum air putih rasa-rasa yang segeran atau minum infused water.

3. Hindari Minum Kopi Setelah Jam 2 atau Jam 3 Siang-Sore

Minum kopi pukul 2 siang atau pukul 3 sore akan mengganggu ritme kerja tubuh, sehingga malah membuatmu lebih cepat lelah di sore dan malam hari.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat saat Makan Siang

Pilihan makan siang ternyata berpengaruh besar bagi capek atau enggaknya kamu saat pulang kerja nanti. 

Hindari terlalu banyak karbohidrat, dan gula biar energi kamu tetap terjaga sampai sore nanti. 

Jadi alih-alih makan burger, donat, dan goreng-gorengan, mending makan salad, sop rendah sodium, sashimi, dan makanan sehat lainnya.

5. Menjaga Tingkat Gula Darah Tetap Terjaga

Artinya jangan sembarangan ngemil di siang sore menuju malamnya. Kalau mau ngemil bisa pilih oatmeal, buah, atau sayuran.

6. Tetap Aktif Jangan Duduk Terus

Kalau duduk terus kamu energi kamu juga akan mudah terkuras lho! Jalan-jalan dikit kek, atau kalau ada alat gym di kantor, olahraga ringan juga oke tuh.

7. Jangan Terlalu Cemas

Kecemasan di lingkungan kerja juga sangat sangat menguras energi. Kayaknya kerja nggak berat-berat amat, tapi ada drama-drama kantor yang bisa membuat kamu capek. 

Untuk mengatasinya, cobalah menanamkan mindset pada diri untuk bersabar pada hal-hal yang nggak bisa kita kontrol. Jika memungkinkan hindari juga teman-teman kerja yang toxic.