SEO Adalah Cara Agar Jadi Nomor 1 di Google, Ini Arti dan Cara Kerja SEO Selengkapnya

SEO artinya apa? SEO adalah cara agar artikel dari situs masuk halaman 1 Google atau mesin pencari lainnya. Apa maksudnya dan bagaimana cara kerja SEO Google ini? 




Kalian mulai tertarik dengan dunia tulis menulis? Atau bahkan kalian ingin meraup penghasilan melalui dunia menulis? 

Rupanya dengan kalian menerapkan SEO di setiap hasil karya tulis yang kalian upload di Google atau di mesin pencari lainnya maka peluang keberhasilan ataupun pundi-pundi penghasilan kalian akan semakin tinggi. Lalu SEO arti sebenarnya apa? 

Pengertian SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah cara atau upaya untuk menjadikan situs web agar bisa berada di halaman utama atau di bagian paling atas pada halaman hasil pencarian melalui Google. 

SEO adalah serangkaian langkah yang dilakukan agar website bisa dengan mudah ditemukan oleh pencari informasi melalui search engine atau mesin pencari (Su Rahman, Buku Pintar SEO). 

Namun agar website kalian berada di halaman pertama hasil pencarian Google perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya yakni melalui "Meta Tag" dan secara spesifikasi hal yang harus kalian tekan dan perhatikan untuk memaksimalkan website kalian melalui title tag, Meta Description Tag, Meta Keyword Tag, Img Alt Tag dan Body Tag.

Cara Mengoptimalkan SEO

• Keyword atau kata kunci

Perbanyak kedudukan keyboard menjadi salah satu hal yang cukup penting ketika kalian ingin mengoptimalkan website kalian menggunakan SEO ini. 

Rupanya setiap saat keyboard atau kan kata kunci yang tengah trending bisa berubah berubah, maka sebaiknya lakukan evaluasi trans statistik setiap 3 bulan sekali.

• Posisi Situs/Website

Selain itu agar website kalian tetap berada di halaman pertama pencarian Google kalian juga bisa melakukan persebaran link melalui berbagai situs maupun media sosial agar kedudukan website kalian tetap berada di halaman pertama.

Black Hat SEO adalah hal yang harus dihindari untuk mengoptimalkan SEO

• Spamming keyword

Hindari untuk menulis kata kunci atau keyboard berulang kali secara berlebihan

• Invisible keyword

Melakukan penyamaran warna pada kata kunci dengan menyamakan warna dengan warna background yang kalian gunakan.

• Link farm

Kalian juga bisa menyertakan beberapa link lainnya untuk dimasukkan ke dalam website yang kalian miliki dengan tujuan mengarahkan para pembaca mengunjungi situs lainnya

• Domain cloaking

Teknik menyembunyikan alamat situs asli dalam tampilan Browser

• Page Hijacking

Menyalin halaman sebuah situs ke situs lainnya teknik ini melanggar etika dan hak cipta.

Manfaat SEO

• Situs yang kalian buat akan memiliki potensi lebih tinggi untuk dikunjungi oleh orang. Maka semakin tinggi pembaca atau views secara otomatis penghasilan kalian akan semakin tinggi.

• Jika situ sekalian juga menjadi halaman endorse mana atau mengiklankan berbagai produk maupun jasa maka peluang terjualnya berbagai produk, barang maupun jasa akan semakin tinggi.

Nah itulah beberapa pengertian SEO, manfaat SEO, cara mengoptimalkan SEO dan hal yang harus dihindari untuk mengoptimalkan SEO. Itulah beberapa hal yang harus kalian lakukan agar situs kalian memiliki potensial lebih tinggi berada di halaman pertama hasil pencarian Google.

Sumber foto: TemanKerja.id