Pelajar Irit Pakai Internet Ngaku Sebulan Cuma Habiskan Kuota 500 MB, Rahasianya Terkuak Bikin Melongo

Viral pelajar hemat menggunakan internet dalam sebulan mengaku hanya menghabikan kuota 500 Mb. Berikut kisahnya.




Di zaman modern ini, internet bak sudah menjadi kebutuhan pokok. Hampir setiap orang yang memiliki ponsel atau pengguna gadget membutuhkan internet untuk menunjang kegiatan dan pekerjaan.

Kebutuhan internet setiap orang pun berbeda-beda tergantung tujuannya. Umumnya, orang akan menggunakan paket tertentu dengan kuota longgar untuk setiap bulannya.

Seorang netizen yang diduga masih pelajar menunjukkan hal cukup antimainstream. Dia mengaku hanya menghabiskan kuota internet 500 megabytes (mb) dalam sebulan.

Padahal biasanya orang bisa sampai puluhan bahkan ratusan gigabytes karena gadget yang dimiliki juga dipenuhi beragam aplikasi.

Itu terlihat lewat bidikan layar chat WhatsApp yang dibagikan oleh akun Twitter @askrlfess belum lama ini. 
Dalam unggahan itu, terbongkar rahasia si pelajar bisa hemat berinternet.

Ternyata, dia memang menggunakan internet hanya untuk hal-hal penting saja. Media sosial dan aplikasi hiburan jarang digunakannya.

"(Aku) jarang searching, karena materinya aku catat di buku. Aku jarang download lagi, paling-paling cuma satu lagu,. Aku hapalin lirik, makna, arti, kalau dah hapal nanti ganti lagu, sekalian belajar bahasa Inggris," ungkapnya.

Saat ditanya, tak tergoda dengan aplikasi-aplikasi menarik seperti Youtube, Spotify hingga Tiktok, dia punya jawaban tersendiri.

Menurut pengakuannya, selama ini dia mengandalkan aplikasi bawaan HP dan tak menginstal aplikasi lain. Pun jika membuka Youtube, dia hanya menonton tayangan-tayangan soal kerajinan yang disenangi.

"TikTok sama Spotify aku ga punya. Di HP ku cuma ada WA, Line, Telengram, Shazam. Selebihnya aplikasi bawaan HP. 

Si pelajar juga mengaku dirinya memang hobi belajar. Sehari-hari dia lebih senang melakukan aktivitas yang tak bersentuhan dengan gadget, seperti memasak, berkebun, beberes rumah dan menonton TV.

"Aku senang belajar. Sampai-sampai dalam sebulan cuma ngabisin 100 Mb soalnya cuma buka grup kelas, selebihnya fokus UN satu bulan," katanya.

Tapi, sebulan belakangan, kuota internet yang dipakainya jadi lebih banyak. Ini karena dia senang menonton video klip Glimpse of Us yang dibawakan Joji. Lagu yang lagi ngetren dan digandrungi banyak orang.

Pengakuan pelajar yang hemat berinternet ini langsung digeruduk netizen. Kebanyakan merasa iri dengan kebiasaan si pelajar tapi ada juga yang heran dan tak percaya.

"Ya Allah produktif banget keknya hidupnya, pengen tapi aku sehari gak lihat TikTok atau Twit rasanya hampa banget," kata @hyvn***.

"Orang pinter memang beda," sahut @lele***.

"Enggak rilet banget, aku 500 mb cuma buat dua detik buka aplikasi," tulis @hally***.

"500mb keknya ga mungkin awet sebulan, walaupun gak buka apa-apa. Wa aja 500mb sebulan kurang," sentil @ay***.

"Tapi masa 500mb buat sebulan bisa sii? Gak percaya," timpal @ador***.

Sumber foto: Photo by picjumbo.com