Akhlakless, Viral Pelamar Tolak Undangan Interview Kerja Pakai Jawaban Singkat

Viral respons seorang pelamar kerja ketika mendapat undangan interview atau wawancara dari perusahaan. Berikut kisahnya.




Seorang pelamar kerja menjadi perbincangan karena dianggap tak beretika saat dihubungi oleh pihak Human Resources Development (HRD) perusahaan.

Itu terlihat lewat unggahan potongan chat WhatsApp yang dibagikan oleh akun workfess, Rabu (29/6/2022). Diduga, pihak HRD mencoba menghubungi seorang pelamar yang mendaftar pekerjaan di perusahaannya.

BACA JUGA:


Saat itu, HRD meminta konfirmasi soal undangan interview yang telah diinfokan sebelumnya kepada pelamar.

"Selamat pagi, mohon maaf apakah bisa konfirmasi hadir atau tidak di undangan interview nya," tanya HRD.

Selang semenit kemudian, pelamar pun memberikan balasan. Alih-alih membalas dengan sopan pertanyaan tadi, dia jutru tampak angkuh menginfokan tak bisa memenuhi jadwal interview.

Hanya satu kata yang dituliskannya. "Tidak,".

Viral Pelamar Tolak Undangan Interview Kerja Pakai Jawaban Singkat. Sumber foto: Twitter/worksfess


Kontan saja, jawaban pelamar tersebut mengudang atensi netizen lainnya. Banyak yang dibuat tersulut mengetahui sikap tak sopan pelamar hingga ramai-ramai memberikan nasihat.

"Harusnya ada sopan santunnya sih kalau muau nolak," kata @ayen***.

"Paling gak gini ya, "mohon maaf pak saya cansel, terima kasih atas kesempatanya"," sahut @oki***.

Perlu diketahui, etika atau attitude adalah modal penting yang mesti dimiliki oleh setiap pelamar kerja.

Attitude akan mempengaruhi kesan perusahaan untuk menerima atau menolak orang yang melamar pekerjaan.

Berikut ini, etika melemar pekerjaan yang baik di perusahaan seperti dikutip dari Suara.com.

1. Seusaikan CV dengan posisi yang dilamar

Baiknya, pelamar membuat CV sesuai dengan posisi yang diincar. Apalagi terkadang, beberapa posisi yang dilamar memiliki kualifikasi yang berbeda.

2. Membuat surat lamaran secara terpisah

Sebaiknya jika melamar ke beberapa perusahaan di waktu yang sama untuk membuat draft secara terpisah yang sesuai dengan perusahaan yang pada dilamar saat itu.

3. Jangan mengirimkan email lamaran sekaligus

Lebih baik mengirimkan lamaran secara satu per satu sesuai dengan posisi perusahaan yang akan dilamar. Jangan diborong dalam satu waktu sekaligus.

4. Sopan saat dikontak

Pelamar wajib menunjukkan sopan santun ketika dihubungi oleh pihak perusahaan yang dituju. Sikap yang baik, akan mempengarungi penilaian perusahaan terhadap Anda.


5. Tepat waktu saat interview

Bila dinyatakan lolos untuk mengikuti interview, pelamar mesti datang tepat waktu. Usahakan datang paling tidak 20 menit sebelum proses interview dimulai karena hal tersebut agar membuat anda terhindar dari penilaian buruk.

6. Berpakaian rapi dan sopan

Usahakan untuk selalu tampil rapi dan profesional pada saat proses interview. Penampilan yang baik menjadi poin penting untuk bisa diterima kerja.

7. Perhatikan gesture

Bahasa tubuh (gesture) bisa memberikan kesan positif maupun negatif. Sebaiknya, hindarilah memberikan bahasa tubuh yang berkesan negatif saat interviw kerja.