Viral Parkir 350 Ribu di Kawasan Malioboro Jogja, Ternyata Begini Fakta-faktanya

Viral parkir Malioboro Jogja disebut sampai tarif 350 ribu rupiah, benarkah begitu? Apakah memang tarif parkir Malioboro segitu? Ternyata begini lho faktanya!




Foto tarif parkir Malioboro 350 ribu rupiah viral di sosmed.

Foto kwitansi parkir ini diduga awalnya diposting di grup FB, lalu viral dan semakin luas beredar di berbagai akun sosmed yang lain seperti Twitter dan Instagram.

BACA JUGA: 


Tak hanya mengunggah foto kwitansi parkir, pengirim yang diduga dari jasa travel (penyewa armada) juga menyampaikan keluh kesahnya di postingan yang viral ini. Berikut isinya:

Assalamualaikum...

Kami hanya wisatawan lokal, tidak ada niat atau bermaksud jelek terhadap kota Jogja. Hanya kami ingin bertanya;

"Apakah wajar parkir di wilayah sekitar Malioboro, Jogja, (Tepatnya di belakang Hotel Premium Zuri), dengan biaya parkir sebesar Rp350.000,- (Tiga ratus lima puluh ribu) hanya untuk sekitar 2 jam setengah?"

Kami datang jam 9 malam dan pulang sekitar jam 10.30 malam, karena itu destinasi kami terakhir ke wisata Jogja. Niatnya cuma mau beli oleh-oleh.



Di kwitansi ada biaya lain-lain. Seperti cuci bus dan kebersihan. Dan kami tau persis disitu tidak ada kegiatan cuci mencuci bus atau kendaraan apapun.

Kami numpang sholat dan toilet. Itupun ada kotak di depannya, kami pun bayar seperti di toilet umum lainnya yg ada di Indonesia yaitu sebesar Rp2000.

Semoga pihak terkait merespon keluhan saya ini.
Maksud saya agar supaya citra wisata di Jogja khususnya di Malioboro tidak tercoreng oleh segelintir orang/oknum yang tidak bertanggungjawab.

Matursuwun.

Source: Kasri Stone Dakon

Salah satu akun yang memposting ulang di Instagram adalah romansasopirtruck. Postingan ini banyak dikomentarin netizen.


"#jogjatidakramah"

"#STOPKEJOGJA"

"#jogjamahal"

"Jogja sudah mahal sekarang, asli"

"Beritakan, supaya diketahui pemerintah yogya"

"Dishub DIY, tolong ditindak, pak"


Sementara itu, dilansir dari HarianJogja.com, petugas parkir mengaku hanya mengantongi uang parkir sesuai tarif parkir bus wisata, yakni Rp 150 ribu.

Sedangkan yang kwitansi tarif parkir viral 350 ribu ternyata permintaan dari kru bus.

Menurut polisi, mark up atau penggelembungan tarif parkir oleh kru bus wisata diduga sudah sering dilakukan.

Sumber foto: Instagram/romansasopirtruck